BENGKALIS, GORIAU.COM - Kondisi udara di Kota Bengkalis dan sekitarnya hari ini sudah sangat tidak sehat, menyusul kabut asap tebal menyelimuti daerah ini akibat kebakaran hutan dan lahan yang melanda daerah ini.

''Indeks ISPU pagi ini menunjukkan angka 370. Artinya, kualitas udara di Bengkalis sudah sangat tidak sehat,'' ujar Kepala BLH Kabupaten Bengkalis, Arman AA ketika dihubungi, Rabu (4/3/2015).

Mengingat kondisi udara sudah sangat tidak sehat ini, BLH mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Di samping itu, mulai pagi ini BLH juga membagikan masker sebanyak 8.000 buah yang disebarkan di 3 kecamatan, yakni di Bengkalis, Bukitbatu dan Siak Kecil.

Selain BLH, BPBD Damkar Bengkalis juga melakukan pembagian masker sebanyak 5.000 buah yang juga disebar di 3 kecamatan tersebut.

Kabid Damkar BPBD-Damkar Bengkalis, Suiswantoro ditemui ketika ikut membagikan masker di perempatan Jalan Antara dan Wonosari Timur, Bengkalis mengatakan, jarak pandang saat ini sekitar 500-1.000 meter sehingga pihaknya berinisiatif untuk membagikan masker.

Ditambahkan Suis, saat ini ada 3 kecamatan di Kabupaten Bengkalis yang terjadi kebakaran hutan dan lahan. Yakni di Kecamatan Bengkalis, Bukitbatu dan Siak Kecil.

''Kabut asap sudah mulai sejak kemarin dan hari ini cukup tebal. Jarak pandang sekitar 500-1000 meter. Tebalnya kabut asap hari ini, juga dipicu arah angin yang mengarah ke tempat kita,'' ujar Suis.(jfk)