DURI, GORIAU.COM - Menjelang bulan suci Ramadhan, pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Sudirman tepatnya di depan Pasar Mandau harus steril. Muncul kembalinya PKL di sekitar Pasar Mandau, kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis, Riau, sejak sepekan terakhir ini, membuat warga kembali geram. Jalan kembali menyempit, bahkan kemacetan pun mulai timbul kembali.

"Dinas pasar juga diminta tidak diam saja. Inikan juga menjadi tanggung jawab dinas pasar serta tim yang sudah dibentuk sebelum penertiban PKL beberapa waktu lalu. Ada juga dinas perhubungan serta organisasi masyarakat yang tergabung didalam tim tersebut," ungkap Kasi Trantib Kecamatan Mandau, Samsul Alam kepada GoRiau.com, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya penertiban beberapa waktu lalu bukan hanya menjadi tugas Satpol PP. "Setiap pagi sudah melakukan patroli disekitar pasar Sudirman tersebut. Namun kenyataannya pagi itu para PKL belum membuka lapak," ujarnya.

"Karena dari laporan anggota yang patroli, tidak ada PKL yang menduduki trotoar. Kita pun saat patroli tidak bisa melakukan tindakan tegas sebelum para PKL yang baru muncul ini mendapat surat teguran langsung dari Dinas terkait,"imbuhnya.

Selain itu juga, semua tim yang sudah dibentuk untuk penertiban PKL ini hendaknya duduk bersama lagi membahas tentang PKL yang baru muncul ini. Dengan harapan sebelum bulan ramadhan, jalan Sudirman khususnya sekitar pasar Mandau steril kembali dari PKL.(ric)