TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sebelum dilangsungkannya pencanangan pencegahan dini kanker serviks atau kanker mulut rahim, pada 21 April mendatang di Indragiri Hilir (Inhil), terlebih dahulu dilangsungkan rapat persiapan.

Rapat persiapan yang dilaksanakan di Gedung Wanita, Tembilahan, Rabu (15/4/2015) ini dipimpin oleh Asisten II Setdakab Inhil, Fauzar, dan dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Inhil, Zulaikhah Wardan dan Kadiskes Inhil, Alvi Purwanti Alwi.

Ketua TP PKK Inhil, Zulaikhah Wardan menargetkan, sebanyak 150 orang wanita yang akan mengikuti diteksi dini kanker serviks nantinya.

''Kita pilih pesertanya yang memiliki Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) atau yang terdaftar melalui BPJS Kesehatan,'' sebut istri Bupati Inhil ini.

Zulaikhah berharap, moment ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat terutama kaum ibu, mengingat kanker serviks adalah penyakit mematikan kedua setelah kanker payudara.

Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan ditingkat kabupaten, untuk itu ia mengimbau kepada TP PKK di kecamatan agar melakukan hal yang sama, dimana kemudian TP PKK kecamatan membuat laporan ke kabupaten tentang pelaksanaan kegiatan tersebut.

''Kita berharap kegiatan ini dapat berlangsung sesuai target, karena ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan, semakin cepat terdeteksi, semakin cepat kita bisa mengambil langkah pengobatan,'' tutur Zulaikhah.

Sementara itu, pencanangan sendiri direncanakan akan digelar di lapangan kantor Dinas Kesehatan Inhil, dan pemeriksaan dilakukan di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan.(ayu)