SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Ratusan warga Siak, Minggu (9/3/2014) pagi memadati lapangan Siak Bermada. Mereka mengikuti kegiatan gerak jalan sehat yang ditaja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak.

Selain orang dewasa, Kegiatan tersebut juga diikuti anak-anak usia sekolah. Mereka sangat senang dengan kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan Pileg 9 April mendatang.

"Walaupun penuh kabut asap, bagi kami tak masalah. Kami sudah memakai masker," ujar Andin salah seorang peserta kepada GoRiau.com.

Sementara itu, Ketua KPU Siak H. Agus Salim saat dikonfirmasi GoRiau.com mengakui kabut asap mempengaruhi jumlah peserta yang hadir. "Karena kabut asap ini, acaranya agak kurang meriah," ujar Agus Salim.

"Tapi, cukup berjalan sukses dalam mensosialisasikan kapan Pileg itu dilaksanakan," tegas Agus Salim. Dari kegiatan ini, KPU Siak berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih.

Menurut Agus Salim, 30 hari menjelang Pileg merupakan waktu yang tepat untuk mensosialisasikan Pileg secara langsung. Biasanya, ajakan hanya berupa spanduk dan poster. Hal itu mengingat, sebentar lagi akan masuk pada tahapan Kampanye Umum.

"Dalam tahapan, tanggal 16 Maret hingga 5 April, itu masa kampanye umum," jelas Agus Salim. Selain masyarakat biasa, jalan santai juga diikuti pejabat di lingkungan Pemkab Siak.(san)