DURI - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, dalam waktu dekat akan segera diselenggarakan secara nasional. Tentunya pelajar dan sekolah, harus melakukan berbagai persiapan agar UN SMP berjalan dengan lancar, sukses dan kelulusan 100 persen.

Menyikapi hal ini, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Heri Indra Putra kepada GoRiau.com, Jumat (29/4/2016) melalui Sekertaris Disdik, Supardi, mengingatkan setiap sekolah untuk memperbanyak try out.

"Try out disini gunanya untuk melatih kemampuan setiap pelajar dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang masuk dalam UN," ujar Supardi.

Pihak sekolah, jelasnya, pun harus mendukung dan memberikan semangat kepada pelajar untuk bisa mengerjakan soal-soal UN SMP nantinya, yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2016, mendatang.

"Sekolah harus lebih kreatif dalam memberikan soal-soal try out. Juga menerangkan setiap jawaban, agar pelajar tidak kesulitan dalam mengerjakan soal-soal," ulas Supardi.

Dirinya juga menghimbau dan mengingatkan kepada pelajar, mulai hari ini mempersiapkan diri lebih giat belajar. Karena waktu yang sudah semakin dekat ini, dipergunakan dengan belajar.

"Untuk orangtua dan sekolah, agar memantau bagaimana perkembangan masing-masing pelajar. Karena pelajar harus bisa mengurangi aktifitas diluar rumah dan lebih baik belajar bersama," imbuh Supardi mengakhiri penjelasannya.(*/ric)