BENGKALIS, GORIAU.COM - Untuk memahami mekanisme, ketentuan serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pengadaan barang dan jasa, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengikuti Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Senin (13/10/2014).

Acara yang digelar selama tiga hari ini dipusatkan di Gedung Diklat Jl. Kelapapati Darat Bengkalis dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H. Burhanuddin.

Dalam sambutannya, Sekda mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah momen yang sangat penting dalam upaya menjawab tuntutan peraturan perundang-undangan dengan mempersiapkan aparatur yang dapat memenuhi persyaratan pelaksanaan pengelolaan barang dan jasa pemerintah khususnya di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Khusus pengadaan barang dan Jasa, Pemkab Bengkalis sejak tahun 2012 silam telah menerapkan sistem pengadaan elektronik atau e-procrument system di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Oleh sebab itu, menurut Sekda, pihaknya mengingatkan kepada para kepala SKPD dan seluruh pejabat pengadaan yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa untuk mempelajari dan memahami mekanismenya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkab untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme serta berdasarkan prinsip persaingan yang sehat.

"Sehingga diperoleh barang jasa yang terjangkau, berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas pemerintah dan pelayanan masyarakat," tegas Sekda.

 Lebih lanjut, Sekda menekankan pelatihan ini bukan hanya menerima materi pelajaran, pembekalan saja, tetapi juga dibarengi dengan kewajiban mengikuti ujian untuk melihat kompetensi, kemampuan, dan pengetahuan di bidang pengadaan barang dan jasa

''Saya mengharapkan seluruh peserta bimtek benar-benar mengikuti seluruh pelatihan tersebut dengan baik, mengikuti materi dengan sungguh-sungguh, mentaati tata tertib aturan yang telah diatur, sehingga peserta bimtek mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pengadaan barang dan jasa dibandingkan bimtek-bimtek sebelumnya,'' pungkasnya.

Panitia Pelaksana Kepala Bagian Penyusunan Program Setda Bengkalis, Bambang Irawan menyebutkan kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Pemkab Bengkalis dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) RI.(jfk)