PEKANBARU, GORIAU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriati dan rombongan mendarat di landasan VVIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, Rabu (26/11/2014) siang.

Kedatangan Jokowi beserta rombongan terbilang molor. Jadwal semula pendaratan pukul 11.30 WIB, Presiden datang menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 13.20 WIB.

Ikut dalam rombongan bersama Presiden sekitar 15-20 orang. Termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Dengan ciri khasnya, Jokowi menebar senyum jelang pintu masuk VVIP Lancang Kuning SSK II.

Kedatangan Jokowi juga disambut oleh hujan gerimis. Dirinya juga tidak menggunakan payung meski sudah disediakan. Begitu juga dengan karpet merah yang biasanya dilalui Presiden sebagai tanda penyambutan.

Jokowi disambut oleh tari persembahan untuk kemudian masuk ke dalam ruangan VVIP Lancang Kuning SSK II.

Presiden beserta Ibu dan rombongan disambut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Danrem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, Sekdaprov Riau Zaini Ismail dan lainnya.

Kedatangan Presiden ke Riau salah satunya meninjau bekas kawasan hutan dan lahan yang terbakar di Kabupaten Kepulauan Meranti, kemudian Desa Sungai Tohor yang ada di sana.

Presiden akan menggunakan helikopter dan akan melewati kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dan Danau Zamrud.

Presiden juga dijadwalkan 'blusukan' ke Pasar Bawah Pekanbaru, Riau jelang sekembalinya dari Kepulauan Meranti. Namun kunjungan tersebut masih tentatif. Tergantung waktu dan kondisi setelah kembali dari Meranti nantinya.

Presiden berjanji akan mencarikan solusi konkrit terkait musibah kebakaran hutan dan lahan di Riau yang sudah menahun.***