SELATPANJANG, GORIAU.COM - Tak kunjung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, beberapa orang sekretaris desa, Selasa (13/5/2014) mendatangi rumah rakyat yang terletak di Jalan Dorak Selatpanjang. Selain khawatir tersingkirkan, gaji perbulan yang mereka terima juga kecil yaitu sekitar Rp1.3 juta perbulan.


Sebagaimana disampaikan Sekdes Tanjung Gadai, muslim, dalam hearing bersama Komisi I DPRD Kepulauan Meranti Selasa sore itu. Sekdes yang sudah 5 tahun lebih dan waktu itu masih di bawah Kabupaten Bengkalis itu mengutarakan kegundahan hatinya tentang status mereka yang sampai saat ini belum PNS.
"Sebelumnya kita dapat informasi dari PMD Provinsi Riau yang mengatakan bahwa sekdes non PNS itu akan diangkat menjadi PNS, makanya kita kontak kawan-kawan (sesama sekdes yang belum PNS, red).
Berdasarkan kesepakatan, mereka menanyakan permasalahan status ini ke PMD Kabupaten Kepulauan Meranti tetapi belum mendapat kepastian karena waktu itu orang yang berhak menjawab tidak berada di tempat.
"Karena tidak mendapat kepastian itu, makanya kita ke sini (DPRD Meranti, red). Kita ingin masalah ini ditanggapi bupati," tambah Muslim.
Ditambahkan Sekdes lainnya, kalau mereka belum PNS, ada dua kekhawatiran utama yaitu mudahnya tergantikan oleh orang lain (sebab pengangkatannya oleh kades, red), dan kecilnya gaji perbulan yang mereka dapatkan.
"Kita mendapatkan Rp1,2 juta perbulan dari ADD. Kalau hubungan harmonis dengan kades nya bisalah mendapatkan sedikit lebih, tapi kalau tidak harmonis kita tidak mendapatkan apa-apa selain gaji. Kita harap kalaupun belum bisa jadi PNS, tolong honor perbulannya ditambahkan," kata mereka dalam hearing.
Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Putra SHi, didampingi Pauzi SE dan Herman Muhayyan mengatakan keluhan 7 sekdes ini menjadi PR bagi mereka. Untuk itu, dalam waktu dekat mereka akan menanyakan permasalahan ini ke tingkat propinsi kemudian dilanjutkan ke pusat.
"Kalaupun mereka ini tidak ada memungkinkan diangkat menjadi PNS maka akan kita upayakan bagaimana supaya honor mereka setiap bulannya bisa bertambah," kata Polisitis PPP itu kepada wartawan.
Beberapa sekdes yang hadir sore itu diantaranya sekdes Tanjung Gadai Muslim, sekdes Teluk Buntal Rahmat, sekdes Lukun M Nazir, sekdes Renak Dungun Muslim, sekdes Tanjung Kedabu Bahtiar, sekdes Tanjung Padang Syahril, sekdes Segomeng dan sekdes Melai.(zal)