SELATPANJANG, GORIAU.COM - Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) memperketat pengawasan kualitas pengerjaan hotmix di beberapa ruas jalan di Kota Selatpanjang. Hal itu harus dilakukan agar kualitas jalan di Kota Sagu tidak jelek dan bisa tahan lebih lama.


Sebagaimana ditegaskan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, H Falzan Surahman SSi, kepada wartawan, Senin (4/8/2014). Kata Falzan, saat ini di Selatpanjang banyak ruas jalan sedang dibangun. Untuk itu, Dinas PU harus tegas dalam melakukan pengawasan setiap kegiatan proyek jalan tersebut. Sebab, jika lemahnya pengawasan, maka kualitas pekerjaan jalan yang dilaksanakan pihak rekanan akan sangat rendah.
"PU diharapkan memperketat kontrol kualitas pengerjaan hotmix di beberapa ruas jalan di kota Selatpanjang agar jalan yang dibangun itu bisa tahan lebih lama," kata Falzan kepada wartawan.
Falzan menambahkan, oleh karena pekerjaan jalan di Kota Sagu itu pembangunan jalan dengan hotmix, maka kualitas dan ketebalan hotmix memang harus benar-benar ditekankan.
Falzan juga mengakui pihak rekanan yang mempunyai kerja pasti mencari keuntungan. Ia khawatir jika lemahnya pengawasan maka kejadian-kejadian yang tidak diinginkan muncul, seperti pihak rekanan akan mengabaikan kualitas hotmix yang akan dibangun dan itu tentu akan merugikan masyarakat banyak maupun daerah.
Untuk itu, selaku wakil dari masyarakat banyak, Komisi II DPRD Meranti minta agar pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan pengawas kegiatan pembangunan jalan pada Dinas PU lebih tegas dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan di seluruh ruas jalan Kota Selatpanjang.
"Dengan dilakukan pengawasan seperti itu, kami yakin kualitas jalan bisa terjaga," tambah Falzan pula.(zal)