SIAK SRI INDRAPURA, - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak H Muharom mengatakan, jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) untuk tahun 2016 ini dari Kabupaten Siak, Riau, sebanyak 184 orang. Semua JCH itu sudah melakukan tahapan pelunasan biaya untuk menunaikan rukun Islam tersebut.

"Jumlah JCH Siak tahun 2016 ini sebanyak 184 orang, mereka sudah melunasi biaya haji yang dibagi menjadi tiga tahap ini," jelas Muharom kepada GoRiau.com, Kamis, (23/6/2016).

Dia merincikan, dari 184 JCH yang sudah melunasi biaya haji tersebut, tercatat sebanyak 172 orang melakukan pelunasan tahap pertama. "Seharusnya 175 orang, tapi 2 diantaranya ditunda dan satu lagi meninggal dunia," jelas Muharom.

Sedangkankan pelunasan tahap dua berjumlah 7 orang, diantaranya 5 status haji dan 2 lansia. "Untuk tahap dua ini juga sudah lunas semuanya, kemudian ditambah 4 JCH mutasi dari Kota Pekanbaru, sehingga jumlah keseluruhan JCH Siak yang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun 2016 sebanyak 184 org.

Adapun progres pengurusan data oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, semua berkas untuk pembuatan visa akan diserahkan ke Kanwil Kemenag Riau, kemudian diteruskan ke Jakarta.

"Harapan kami kepada seluruh JCH Siak agar menjaga kesehatan, mengikuti bimbingan menasik haji, baik kelompok maupun secara bersama yang dilaksanakan Kementerian Agama Siak. Banyak ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut apalagi bagi JCH pemula," tutupnya.(***)