PEKANBARU, GORIAU.COM - Program empat pilar yang diusung pasangan calon gubernur Riau Lukman Edy - Suryadi Khusaini (LURUS) pada Pemilihan Gubernur Riau 2013, dinilai pengamat ekonomi Islam sangat realistis dan tidak muluk-muluk. Bahkan konsep yang dibawa pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini sesuai dengan konsep ekonomi Islam.

''Setelah kita lihat debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sabtu malam lalu, bisa terlihat program empat pilar yang dibuat LURUS ini sangat real economy (ekonomi nyata. Empat pilar yang mereka buat ini sesuai dengan ekonomi Islam karena mampu menyentuh masyarakat dan tidak hanya retorika saja,'' jelas Ketua Ikatan Ahli Ekonomi ISlam (IAEI) Provinsi Riau, M Syahrial, Ahad (25/8/2013).

Dikatakan Syahrial lagi, bahwa sistem ekonomi Islam sangat menjawab keinginan dan persoalan masyarakat. Oleh sebab itu dia berharap agar pasangan Lukman Edy - Suryadi Khusaini ini bisa terpilih pada Pilgub 4 September mendatang agar program pro rakyat ini bisa diwujudkan.

''Harapan kita agar ekonomi Islam di Riau bisa dikembangkan, karena Lukman Edy tahu persis tentang Undang-undang Perbankan Syariah di Indonesia karena dia turut andil membidani lahirnya UU tersebut di DPR RI. Agar ekonomi syariah bisa diterapkan di Riau, salah satu caranya adalah pasangan ini harus memenangkan pilgub Riau,'' katanya lagi.

Sebagaimana diketahui pasangan LURUS mengusung program empat pilar, yaitu menganggarkan dana Rp2 miliar per desa, Kebun untuk rakyat miskin, akses kesehatan gratis, dan gratis pendidikan hingga sarjana. ''Kalau kita lihat empat pilar ini sangat pro rakyat dan sesuai dengan ekonomi Islam,'' tutup Syahrial. (rls)