PEKANBARU, GORIAU.COM - Setiap tahunnya, Tanoto Foundatoon (TF) menggelontorkan dana minimal Rp15 miliar untuk program beasiswa anak kurang mampu. Dari Tahun 2006 hingga sekarang, lebih dari 3.500 siswa telah menerima bantuan dana tersebut.

Menurut Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, penerima beasiswa ada yang ikatan dinas ada yang tidak. Untuk program beasiswa ikatan dinas, setelah mereka menyelesaikan studi S1, mereka akan bekerja di perusahaan grup Raja Garuda Emas. "Tanoto Foundation menanggung semua biaya pendidikan dan biaya hidup penerima beasiswa selama masa studi mereka. Saat ini sudah ada 28 perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Tanoto Foundatiom," kata Sihol saat acara workshop jurnalistik di Singapura, Kamis (4/12/2014).

Penerima beasiswa, lanjut Sihol, adalah mereka yang kesulitan finansial namun memiliki prestasi akademik yang baik. Seluruh mahasiswa di perguruan tinggi yang bekerjasama dengan TF bisa mengajukan permohonan beasiswa.

Dijelaskan Sihol, sumber dana TF murni berasal dari kantong pribadi Sukanto Tanoto. "Donor kami hanya satu, yakni keluarga Sukanto Tanoto. Lembaga ini sengaja didirikan sebagai wujud dari dendam Sukanto Tanoto yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena ketidakmampuan mereka dulu. Ia tidak ingin anak-anak Indonesia lainnya mengalami hal serupa," terang Sihol.

Selain beasiswa, wujud bantuan TF lainnya adalah perbaikan sekolah. Dana yang dialokasikan untuk perbaikan sekolah besarnya mencapai Rp18-20 miliar. "Untuk perbaikan sekolah, kami menghabiskan dana sekitar Rp 18-20 miliar per tahun," tandas Sihol.(wdu)