PEKANBARU, GORIAU.COM -'Musim' kebakaran hutan atau lahan di Riau mulai 'memudar'. Kabut asap tidak lagi mencemari ruang udara di berbagai wilayah ini. Namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah kabupaten dan kota di Riau telah memasuki musim hujan. Kewaspadaan beralih pada siaga banjir.

"Sudah sejak satu pekan ini, kondisinya memang terjadi hujan di sebagian Riau. Bukan karena gangguan, namun memang telah memasuki musim hujan," kata Warih Budi Lestari selaku analis lembaga pemantau cuaca itu di Pekanbaru, Kamis (12/9/2013).

Warih mengatakan, sebagian wilayah Riau lainnya, khususnya seberang pesisir diprakirakan masih akan mengalami masa transisi dari kemarau ke musim hujan. Diparkirakan, kata dia, baru akan memasuki musim hujan pada Oktober 2013 dan kewaspadaan terjadinya bencana banjir sudah selayaknya diantisipasi.

Untuk beberapa hari terakhir dan hingga beberapa hari kedepan saja, demikian Warih, hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan - sedang. "Peluang terjadinya hujan cukup besar, khususnya pada jam sore, malam dan dini hari. Beberapa wilayah juga ada yang berpeluang hujan pagi dan siang," katanya.

Hasil monitoring BMKG Stasiun Pekanbaru menyebutkan, sejumlah wilayah yang diprakirakan akan dilanda hujan sedang diantaranya yakni Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, serta Kabupaten Indragiri Hilir.

Sementara sejumlah kabupaten dan kota lainnya meliputi Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Meranti, Pelalawan dan Kuantan Singingi, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan.(fzr)