PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah sebelumnya sempat dilanda panas akibat gangguan badai tropis di Laut Cina Selatan, akhirnya cuaca di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Riau dikabarkan bakal kembali normal.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru pada Jumat (27/9/2013), memprakirakan seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau hari ini berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

BMKG merilis, seluruh wilayah kabupaten/kota tersebut berpeluanag terjadi hujan ringan-sedang pada sore hingga malam hari.

Suhu udara (temperatur) menurut dia juga telah kembali normal dengan prakiraan maksimum tidak lagi mencapai 35 derajat celsius.

Sebelumnya kemarau panjang yang melanda Riau sempat menyebabkan peristiwa kebakaran lahan marak terjadi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat lebih 500 titik panas (hotspot) yang diindikasi sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau sepanjang dua pekan berada di musim kering pada Agustus 2013.

Namun kali ini satelit Terra dan Aqua hanya mendeteksi keberadaan titik panas di Riau hanya tinggal enam titik tersebar di tiga kabupaten.

Empat diantaranya menurut catatan lembaga BMKG yakni berada di Kabupaten Rokan Hilir, sementara sisanya terdeteksi berada di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Dumai.(fzr)