RENGAT, GORIAU.COM - Bersempena HUT Lembaga Pemasyarakatan ke-50 atau tahun emas pemasyarakatan yang jatuh pada (27/4/2014) mendatang, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) se-Provinsi Riau yang diikuti 13 Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan Rutan di Riau, Selasa (22/4/2014).

Kepala Rutan Rengat, Gumilar Budi Rahayu yang akrap disapa Gumilar dalam sambutannya mengatakan, acara MTQ akan digelar selama 3 hari, Selasa hingga Kamis (22-24/4/2014). ''ada tujuh nomor lomba yang akan dipertandingkan, yakni membaca Al Qur'an, pidato, azan, hafalan ayat - ayat pendek, cerdas cermat, rebana dan praktik sholat,'' ujar Gumilar.

Dikatakan, pihaknya sangat berterimakasih pada Pemkab Inhu yang telah mensupport dan memberikan partisipasi dalam kegiatan ini, terutana dalam bantuan sarana dan prasana, fasilitas penyelenggaraan, konsumsi serta hadiah.

Ditambahkan Gumilar, pihaknya berharap dengan terselenggaranya MTQ ini, hendaknya dapat memberikan motivasi kepada warga binaan untuk lebih meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan sebab kegiatan seperti ini juga menjadi program pembinaan rohani oleh lembaga pemasyarakatan terhadap warga binaan. Sehingga akan menjadi insan yang bertagwa dan berperilaku baik saat kembali setelah bebas nanti, pungkasnya.

Dalam pada itu, Setda Inhu Raja Erisman dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Inhu sangat apresiasi terkait kegiatan ini, dengan demikian Rutan sebagai wadah yang memberikan pembinaan terhadap penghuninya bias menjadi lebih baik.

''Dengan terselenggaranya MTQ ini, warga binaan yang ada hendaknya kedepan bisa menjadi lebih baik lagi, sehingga saat keluar dari sini bisa kembali berbaur ditengah-tengah masyarakat dan tentu bisa berbuat yang lebih baik lagi, jadikan ini ajang introspeksi diri,'' sebut Sekda singkat.

Kakanwil Kemenkumham Riau, Bambang Widodo dalam sambutannya mengatakan, melalui MTQ ini, mari mengambil hikmah dari semua ini, dengan demikian hendaknya kita semua akan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagi kafilah yang akan bertanding, mari tunjukan kemampuan, keahlian kalian dalam ajang ini, raih predikat sebaik mungkin. Bagi yang menang jangan berbesar hati, namun jadikan ini sebagai tolak ukur diri, namun bagi yang kalah jangan berkecil hati, terus belajar dan tingkatkan kemampuan diri.

''Tidak ada kata tidak untuk belajar dan mengasah kemampuan, walau saat ini kalian berada dibalik jeruji, anggap ini sebagai langkah awal untuk menatap masa depan yang masih terbuka lebar dilauar sana,'' pungkasnya.

Hadir dalam acara itu, selain kepala Rutan dan LP se Riau, terlihat juga Kakan Kemenag Inhu, Kajari, Dandim, Ketua PN Rengat, Kapolres, Kabag Kesra Inhu, serta tokoh masyarakat setempat. ***https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/1jpg-775.jpgGedung Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rengat tempat pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Ruran dan LP se Provinsi Riau.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/2jpg-776.jpgKakanwil Kemenkumham Riau bersama Setda Inhu R. Erisman dan rombongan saat memasuki Rutan Rengat. https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/3jpg-777.jpgBarisan kafilah MTQ dari 12 Rutan dan LP se-Riau yang akan bertanding dalam rangka memperebutkan piala bergilir Pemasyarakatan ke 50 tahun (tahun emas pemasyarakatan).https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/4jpg-778.jpgGrup Rebana Rutan Rengat tampil dalam pembukaan MTQ tingkat Rutan dan LP se Riau.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/5jpg-779.jpgDefile kafilah hiasi pembukaan MTQ dalam rangka ulang tahun emas pemasyarakatan di Rutan Rengat.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/6jpg-780.jpgTari persembahan dan sekapur sirih yang disuguhkan oleh anak para pegawai Rutan.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/7jpg-781.jpgSekapur sirih yang diawali oleh Kakanwil Riau Kemenkumham, Bambang Widodo.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/8jpg-782.jpgKata sambutan panitia pelaksana disampaikan lansung oleh Kepala Rutan Rengat, Gumilar Budi Rahayu.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/9jpg-783.jpgBupati Inhu yang diwakili Setda Inhu R.Erisman.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/10jpg-784.jpgKakanwil Kemenkumham Riau Bambang Widodo saat menyampaikan kata sambutan serta arahan dan sekaligus membuka MTQ tingkat Rutan dan LP se Riau.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/11jpg-785.jpgKakanwil Kemenkumham Riau Bambang Widodo menyerahkan piala bergilir MTQ antar WBP kepada Kepala Rutan Rengat, Gumilar Budi Rahayu disaksikan lansung oleh Setda Inhu.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/12jpg-786.jpgPemukulan beduk oleh Kakanwil Kemenkumham Riau Bambang Widodo didampingi Setda Inhu dan tamu undangan lainnya pertanda MTQ antar WBP Rutan dan LP se Riau siap untuk dilaksanakan.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/13jpg-787.jpgPengalungan tanda peserta oleh Kakanwil Kemenkumhan Riau Bambang Widodo dan Setda Inhu pada kafilah.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/14jpg-788.jpgKepala Rutan Inhil Tommy. K beserta Karutan dan LP lainnya terlihat hadir pada pembukaan MTQ antar WBP se Riau di Rutan Kelas II B Rengat.https://www.goriau.com/assets/imgbank/23042014/15jpg-789.jpgTerlihat anggun para penari persembahan pada pembukaan MTQ antar WBP se-Riau.

Sumber Foto: Humas Setda InhuNarasi dan Berita: Jefri Hadi