BAGANSIAPIAPI - Kota Bagansiapiapi sebagai ibukota Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir kembali berhasil Piala Adipura untuk tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan Adipura diterima untuk kategori Kota Kecil

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Rohil, Suwandi SSos, Selasa, 5 Februari 2024 mengatakan, prestasi ini merupakan kerja keras petugas DLH, masyarakat dan semua elemen dalam menjaga dan menciptakan kebersihan.

"Ini doa kita, ini berkat kerja keras baik itu petugas DLH, dukungan masyarakat dan kita semua, hingga kita setelah 14 tahun kembali meraih Adipura,'' ujarnya.

Disebutkan Suwandi bahwa piala atau penghargaan Adipura untuk kabupaten atau kota merupakan apresiasi terhadap keberhasilan dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka.

Penyerahan Adipura digelar di Auditorium Manggala Wana Bakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Anugerah Adipura 2023 yang diterima Rohil berupa Piala Adipura Kencana bersama 5 kabupaten dan kota lainya di Indonesia.

"Penerimanya ada 106 mulai dari kota metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil dan sertifikat Adipura untuk 86 kabupaten atau kota lainnya,'' sebut Suwandi.

Dengan anugerah ini, tambahnya, diharapkan akan menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Rohil dalam menjaga kebersihan . ''Kita perlu berterima kasih kepada Bupati Rohil, Afrizal Sintong yang telah memberikan arahan, bimbingan, motivasi kepada OPD dan seluruh masyarakat Rokan Hilir,'' jelasnya. ***