BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Persiapan keberangkatan peserta MTQ ke XXXIII dari Rokan Hilir ke Tembilahan sudah final. 768 orang akan diberangkatkan menggunakan 32 bus. Malah, pejabat yang berkepentingan untuk mensukseskan acara itu sudah berangkat duluan untuk menyiapkan akomodasi bagi peserta yang akan datang pada tanggal 10 Desember nanti. 

''Kita siapkan 27 rumah milik penduduk untuk peserta pawai takruf sebanyak 768 orang. Mereka yang berangkat mempunyai tugas dan fungsi dalam menyemarakkan pawai takruf,'' kata Kabag Humas Pemkab Rohil, Hermanto kepada GoRiau.com, Selasa (9/12/2014) di ruang kerjanya.

Hermanto mengungkapkan, peserta yang mengikuti pawai takruf terdiri dari marching band IPDN, Perguruan Wahidin dan Al Madjidiyah Bagan Batu. Sedangkan peserta qory dan qoriah serta LPTQ sudah berangkat duluan. Barisan pawai takruf juga akan diisi ketua persukuan sebanyak 15 orang. Tidak ketinggalan, santriwan dan santriwati yang berasal dari ponpes Kubu.

''Mereka akan membuat pertunjukan atip togak yang merupakan bagian budaya Islam,'' kata Hermanto sedikit memberikan bocoran.

Dikatakannya, Pemkab jauh hari sudah melakukan survey untuk mencari pemondokan dan mendirikan stand bazaar di Tembilahan. Disamping itu, Rohil juga membuat mobil hias sebanyak 2 unit. Dari informasi yang diperoleh, tidak tertutup kemungkinan Plt Gurbernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman yang akan membuka secara resmi acara tersebut.

''Bupati kemarin juga hadir lebih awal untuk melihat persiapan terakhir. Kita ikut seluruh cabang yang ada. Mudah mudahan mendapat peringkat juara untuk mewakili Riau nanti," harapnya. (amr)