PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta kepedulian perusahaan terhadap musibah banjir yang dialami masyarakat beberapa waktu belakangan ini. Terutama kepada perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Guyuran hujan beberapa hari belakangan ini membuat banjir hampir di sebagian besar wilayah Riau tidak bisa dielakkan. Ribuan rumah warga terendam, ditambah kerugian material yang mereka alami.

"Selurh perusahaan yang beroperasi di Riau agar peduli dan memberikan bantuan untuk korban banjir," imbau Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliadni Rachman.

Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, banjir tersebut sudah mengakibatkan ribuan rumah warga terendam. Meski belum diketahui berapa total kerugian secara finansial, namun sudah dipastikan ribuan warga sudah mengalami kehilangan harta dan benda.

Perusahaan itu memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi dan salah satunya adalah membantu penduduk ketika mengalami kesusahan seperti banjir.

Kewajiban perusahaan merupakan bentuk tanggung jawab dalam pelestarian lingkungan dan membangun hubungan yang baik dengan penduduk di sekitar wilayah operasi.

Bantuan tersebut dapat dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang memang telah diatur oleh pemerintah.***