PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman merasa pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM) melalui sektor pendidikan sangat diperlukan.

Ini salah satu persiapan yang dihadapi Provinsi Riau dalam tantangan masuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Desember 2015 mendatang.

Sejauh ini, Pemprov Riau bersama kabupaten/kota terus mematangkan SDM, terutama masyarakat pelaku ekonomi kecil dan menengah untuk mampu bersaing di Pasar Bebas nanti.

Sementara di sisi lain, Andi Rachman (kerapa disapa) berharap pihak swasta juga terlibat dan berperan aktif untuk meningkatkan SDM melalui dunia pendidikan.

"Pemprov Riau sangat serius memperhatikan pembangunan di bidang pendidikan dan sumber daya manusia. Hal ini sangat penting karena untuk mendukung serta mengahasilkan pembangunan yang baik diperlukan manusia yang profesional," kata Arsyadjuliandi Rachman disela peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Pekanbaru, Sabtu (2/5/2015) kemarin.

Dikatakannya, keterlibatan semua pihak khususnya dari sektor swasta akan makin memperkuat dan melengkapi kekurangan yang ada pada program pemerintah. "Jangan sampai saat MEA orang Riau malah jadi penonton saja," ujarnya.***