SELATPANJANG, GORIAU.COM - Koramil 04 Tebingtinggi Selatpanjang mengirim anggota Saka Wira Kartika ke perkemahan Korem 031 Wirabima, Bhakti Saka Kartika di Kabupaten Kampar. Pengiriman 2 regu ini merupakan pertamakali terjadi di anggota pramuka binaan TNI Kepulauan Meranti.


Hal itu sebagaimana disampaikan Bintara Penghubung Koramil 04 Tebingtinggi Selatpanjang, Pelda Lakattang, ketika ditemui GoRiau di Selatpanjang, Rabu (17/6/2015).
"Kemarin kita sempat mengirimkan 2 regu untuk mengikuti perkemahan itu. Ini pertama kali terjadi," ujar Lakattang.
Disampaikan Lakattang lagi, hingga saat ini TNI membina sekitar 80 anggota pramuka Saka Wira Kartika. Mereka berasal dari sekolah SMA N 1, SMA N 2, dan MAN Selatpanjang.
Kata Lakattang lagi, terhadap 80 anggota saka wira kartika itu mereka bekali 5 materi, seperti Krida Mounthenering, Krida Navigasi, Krida Pioneering, Krida Survivel, dan Krida penanggulangan bencana, selama 90 menit (dua kali pertemuan tiap minggu).
Dijelaskan Lakattang, Krida Mounthenering adalah pelajaran yang sifatnya menggunakan media gedung-gedung, tower cara membuat ikatan tali, menaiki tebing atau turun tebing. "Andaikan ada korban di situ, kita ajarkan bagai dia menyelamatkan korban itu," kata Lakattang lagi.
Kemudian Krida Navigasi, adalah penggunaan kompas dan membaca peta atau navigasi darat. Krida Pioneering seperti pembuatan jembatan darurat, tandu, tenda lapangan, krida penanggulanagan dan Krida Survival, bagaimana anggota pramuka ini bisa bertahan di hutan, rawa lau atau daran.
"Untuk bertahan hidup ini kita ajarkan juga mereka cara membuat jerat," tuturnya lagi.(zal)