PEKANBARU, GORIAU.COM - Mahasiswa dan masyarakat pada umumnya banyak yang tidak mengetahui tentang Hari Nelayan Nasional. Dalam rangka aksi solidaritas dan kepedulian terhadap nelayan dan menyambut Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada tanggal 6 April 2014, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau (Unri) menggelar pawai dan beberapa kegiatan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelembagaan Faperika yang meliputi BEM Faperika, UKM Dolphin, UKM Mapala Phylomina, UKM PKRI, HMJ SEP, HMJ THP, HMJ MSP, HMJ PSP, BOM-IK dan Himakua BDP.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB pagi dan diawali dengan pawai keliling kampus Universitas Riau sekaligus orasi menyuarakan kepedulian terhadap masyarakat nelayan.

Sekretaris Umum BEM Faperika Unri, Jon Budi Prayogo kepada GoRiau.com, Senin (7/4/2014) mengatakan, hingga saat ini masih banyak nelayan yang hidup dibawah garis kemiskinan dan jauh dari kesejahteraan.

''Berbagai bentuk kebijakan pemerintah baik berupa bantuan maupun pinjaman masih banyak yang belum tepat sasaran. Kebijakan pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan selalu berubah-ubah dari menteri ke menteri selanjutnya. Mulai dari Revolusi Biru, Minapolitan, Industrialisasi Perikanan, hingga kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Blue Economy-nya dirasa belum bermanfaat yang signifikan terhadap kesejahteraan nelayan,'' ujarnya.

Setelah pawai keliling kampus Universitas Riau, mahasiswa Faperika menampilkan hiburan musikalisasi puisi, akustik oleh UKM Dolphin selaku UKM kesenian yang ada di Faperika.

Sebelumnya acara dibuka langsung oleh Pembantu Dekan III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Syaifuddin. Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan ikan massal oleh mahasiswa Faperika. Kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi pentingnya makan ikan dan meningkatkan konsumsi ikan perkapita yang dirasa masih rendah mengingat kandungan protein yang terdapat pada ikan sangat tinggi. (rls)