SELATPANJANG, GORIAU.COM - Penggemar batu akik di Kepulauan Meranti sepertinya sedang mendapatkan angin segar. Pasalnya dalam waktu dekat di Kota Sagu itu akan dibangun pasar khusus akik.


Rencananya Pemda Meranti melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan akan membangun pasar khusus akik. Mengingat tingginya hobi masyarakat Meranti dalam bidang bebatuan itu.
Bangunan Pasar Pagi di jalan Banglas Selatpanjang Timur yang terbengkalai sejak beberapa tahun lalu, rencananya akan dijadikan sebagai pasar khusus batu Akik di Kepulauan  Meranti.
Wancana DPKP ini mendapat dukungan dari Asosiasi Pengemar Batu Permata Akik (APBPA) Provinsi Riau cabang Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itu disampaikan Ketua Pembina APBPA Kabupaten kepulauan Meranti Drs Idris SKM. Kata Idris, mereka menyambut baik upaya Pemda dalam mencari solusi bagi penggemar dan pengrajin akik.
Ia juga berharap dengan berdirinya APBPA di Meranti, bisa menjadi wadah bagi pengusaha atau pengrajin batu permata dan batu akik sekaligus kedepannya asosiasi ini nantinya juga bisa mengayomi dan menjadi pelindungan hukum bagi anggota asosiasi.
Lebh lanjut Ketua APBPA Meranti Effendi, mengharapkan dengan berdiri asosiasi ini bisa menambah dan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat Meranti dan jauh daripada itu tentunya diharapkan dan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi para anggota.
"Kita dari asosiasi tentunya juga sangat mendukung adanya wancana DPKP untuk membuka Pasar Batu Akik di kabupaten kepulauan meranti, Insayaallah dalam waktu dekat ini kita akan coba mencari waktu yang tepat untuk duduk semeja dengan pihak DPKP untuk mencari solusi sekaligus berkoordinasi terkait adanya wancana bangun pasar tersebut," kata Efendi pula.(zal)