TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Lama tak terdengar adanya korban jiwa di sungai Batang Kuantan. Namun, keganasannya kembali ia tunjukkan tatkala warga Pulau Baru Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi latihan Pacu Jalur, Senin (7/4/2014) pagi.

Dimana, salah seorang pemuda bernama Yoserizal (24) tenggelam di sungai yang biasa dijadikan arena Pacu Jalur. Korban merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau jurusan Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Dari penelusuran GoRiau.com di Kampus UIN, ternyata mahasiswa ini sudah semester 10 dan sebentar lagi ia akan mengikuti ujian akhir. "Dia senior kami, sebentar lagi akan ujian seminar hasil," ujar Aswanto, junior korban.

Berbagai ucapan belasungkawa dituangkan oleh teman seperjuangan dan dosen Fapertapet UIN Suska Riau. Rasa kehilangan mereka tuangkan lewat status-status jejaring sosial. "Mereka lebih dahulu di panggil Allah SWT bersama hasil-hasil penelitiannya. Padahal, hanya tinggal selangkah lagi ia akan mencapai tingkat sosial yang lebih tinggi," tulis Sadarman, salah seorang dosen Fapertapet di Facebooknya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Yoserizal dinyatakan tenggelam saat warga Kopah sedang melakukan uji coba Jalur (Perahu khas Kuansing) baru sebagai persiapan menghadapi iven Pacu Jalur tahun ini. Naas, Jalur yang diuji coba tersebut oleng dan tak terkendalikan hingga karam. "Atlit lain langsung berpegangan ke badan Jalur. Namun, Yoserizal mungkin tidak sempat," kata Kades Pulau Baru Kopah Musahasril.

Informasi terakhir yang diterima GoRiau.com, korban sudah ditemukan sekitar pukul 22.00 Wib dalam kondisi tidak bernyawa. "Korban ditemukan beberapa meter dari lokasi karamnya Jalur tersebut," tutur warga Kopah.(san)