SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Siak, Sabtu (17/3/2015) berkunjung ke Sungaitohor Kecamatan Tebingtinggi Timur Kepulauan Meranti Riau. Mereka meninjau skat kanal yang dibangun masyarakat Tebingtinggi Timur.


Rombongan dari Siak dipimpin oleh Asisten 1 Setdakab Fauzi Asni, Kabag Tapem Setda, mewakili Dinas PU dan Dinas Kehutanan Kabupaten Siak. Rombongan disambut langsung oleh Camat 3T Helfandi SE MSi, Kades Sungaitohor Efendi, kasi-kasi Kecamatan 3T tokoh Masy Abdul Manan SE dan Nong Mel. Setibanya di 3T, tim dari Pemkab Siak langsung dibawa ke Jalan Parit Kekat Sungaitohor untuk melihat secara sekat kanal yang pernah dibuat bersama Jokowi dan masyarakat Sungaitohor bebrapa waktu yang lalu.
Ditambahkan lelaki yang akrab dipanggil Iin itu lagi, tujuan Asisten 1 Pemkab Siak bersama rombongan ini karena adanya rekomendasi Direktur Penanggulangan Kebakaran Hutan Kemnterian LHK, dan ada rencana membangun skat-skat kanal pada desa yang rawan karhutla di Kabupaten Siak.
"Jadi mereka ingin meninjau secara langsung seperti apa sekat-sekat kanal yang dibuat di Sungaitohor ini, dan fungsinya saat musim kemarau apakah bisa mengatasi karhutla," kata Iin.
Masih menurut Iin, berdasarkan keterangan Asisten, kebetulan kultur tanah di beberapa desa di Kabupaten Siak sama persis di Kecamatan 3T ini. Untuk itu, jika pembangunan sekat kanal ini bisa membantu mengatasi karhutla dan melestarikan gambut serta dapat mengatur tata kelola air gambut di Siak, tidak ada salah di Siak juga membuat sekat-sekat kanal.
Sementara itu, Abdul Manan SE dan Nong Mel sebagai pelaksana lapangan pembangunan sekat-sekat kanal di Sungaitohor ini merasa tersanjung dengan kunjungan Siak. Mereka berharap dengan adanya sekat kanal itu karhutla di Riau bisa diminimalisir.
Selesai kunjungan, rombongan Pemkab Siak disuguhkan makanan khas Sungaitohor, Sempolit, Lempeng, Ongol-ongol dan cendol satu di pojok Rokok Kediaman Kades Stohor.(zal)