BENGKALIS, GORIAU.COM - Guna membantu dan meringkan biaya jamaah calon haji (JCH), tahun 2015 ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengalokasikan dana lebih dari Rp1,344 miliar melalui Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah.

Adapun yang disubsidi Pemkab Bengkalis adalah biaya tranportasi lokal JCH dari Kabupaten Bengkalis ke embarkasi Hang Nadim Batam (Provinsi Kepulauan Riau) dan sebaliknya.

"Termasuk biaya konsumsi selama perjalanan menuju Batam saat keberangkatan maupun dari Batam ke kecamatan asal waktu kepulangan dari tanah suci,'' jelas Herliyan ketika membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kecamatan Mandau.

Pembukaan MTQ yang diikuti sekitar 300 kafilah dari 24 desa/kelurahan se-Mandau dan dipusatkan di kompleks Gedung Lembaga Adat Melayu Riau di Kelurahan Batang Serosa tersebut dilaksanakan Minggu (29/3/2015) malam.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan, H Eri Kusuma Pribadi menjelaskan, bantuan subsidi untuk JCH pada 2015 ini meningkat dibanding tahun 2014 lalu.

"Tahun 2014 jumlahnya Rp701.806.000, sedangkan untuk tahun ini sebesar Rp1.344.674500. Saat ini sedang dilakukan proses penyelesaian administrasinya,'' jelas Eri.

Ditambahkan mantan Camat Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti ini, seperti tahun 2014 , tahun ini keberangkatan seluruh JCH Bengkalis menuju Batam dan sebaliknya menggunakan transportasi laut.

"Termasuk JCH dari Kecamatan Mandau dan Pinggir. Untuk JCH dari dua kecamatan ini melalui pelabuhan Dumai," ungkap Eri sebagaimana dikutip Kepala Bagian Humas, Johansyah Syafri.(ail)