PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan tengah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Menyusul telah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Pilkades serentak oleh DPRD Pelalawan.

"Kita sedang melakukan verifikasi terhadap daftar para calon dan juga penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkades nanti," terang Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Pelalawan, Novri Wahyudi, Rabu (13/5/2015).

Dijelaskan Vovri, saat ini pihaknya telah melakukan proses verifikasi terhadap proposal untuk pelaksanaan Pilkades yang sudah diajukan oleh panitia.

"Kita sudah proses proposalnya. Berkemungkinan dana sudah bisa disalurkan ke rekening panitia, pekan depan," jelasnya.

Namun, dijelaskan Novri lagi, besaran dana yang akan disalurkan untuk masing-masih desa jumlahnya bervariasi. Ada beberapa kriteria yang menentukan besaran jumlah dana yang akan dikucurkan.

"Jumlah untuk setiap desa ini bervariasai. Akan disesuaikan dengan jumlah pemilih, jumlah TPS dan kondisi wilayah masing-masing," jelas Novri menutup, sembari menyebutkan besarannya mulai dari Rp 17 juta sampai Rp 33 juta.(***)