TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing) meminta agar perusahaan membuka lowongan kerja tidak hanya pada level karyawan, tapi juga untuk level top manajemen. Karena, Kuansing memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) cukup mumpuni dalam mengelola sebuah perusahaan.

"Sudah ada buktinya, perusahaan-perusahaan yang ada di Kuansing dan dikelola putra daerah cukup bagus," ujar anggota DPRD Kuansing, Andi Nurbai kepada GoRiau.com, Rabu (27/5/2015) malam.

Bahkan, lanjut dia, putra daerah bisa mengelola perusahaan yang mengharuskan keahlian khusus. Adalah Kepala Cabang Bank Riau Kepri Kuansing, Muhammad Affan. "Begitu juga dengan perusahaan kelapa sawit di Serosah, hampir 80 persen karyawannya putra daerah."

"Sebelumnya, banyak yang mengira perusahaan tersebut akan tutup. Nyatanya, sampai saat ini masih berjalan. Tenaga ahli dan labornya itu asli putra daerah," lanjut Andi.

Andi dan sejumlah anggota DPRD lainnya menyesalkan lowongan yang diberikan perusahaan kepada putra daerah. Karena, sebagian besar dipekerjakan pada bagian terendah dalam struktur perusahaan.

"Kebanyak orang kita dijadikan pendodos sawit saja, karena cuma itu yang diberikan. Padahal, orang Kuansing bisa memimpin perusahaan. Harusnya, perusahaan jangan hanya tampung pendodos sawit, tapi level top juga." ujar Andi.

Untuk itu, DPRD berharap perusahaan-perusahaan yang berada di Kuansing diharapkan mengutamakan putra daerah dalam merekrut tenaga kerja. "Kita ingin, perusahaan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.(ndi)