PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau bakal unjuk kemampuan dan pamer Alutsista canggih dalam rangka HUT TNI AU ke-70. Acara itu digelar tiga hari berturut-turut, mulai Jumat (20/5/2016). Selain itu, ditampilkan pula motor dan mobil modifikasi dari 20 komunitas di Riau.

HUT TNI-AU ini diawali dengan parade melibatkan ratusan mobil dan motor berkapasitas mesin besar dengan berkeliling Kota Pekanbaru, Jumat siang ini. Hari berikutnya dilanjutkan dengan bazaar dan pameran kendaraan-kendaraan modifikasi, bahkan melibatkan pesawat tempur canggih milik Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

"Ini open day dalam bulan Dirgantara. Tujuannya agar minat warga terhadap Lanud Roesmin Nurjadin meningkat dan lebih mengenal lagi Angkatan Udara. Kegiatannya banyak, mulai dari internal kita (AU) hingga melibatkan komunitas lainnya," ujar Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI, Henri Alfiandi, Jumat (20/5/2016) siang.

Henri yang ditemui GoRiau.com di Lanud Roesmin Nurjadin menyatakan, atraksi andalan Lanud bakal disajikan hari Minggu, sesuai puncak acaranya, dimulai dari atraksi static show, dinamic show (atraksi udara, terjun payung, pembebasan sandera dari helikopter), dan pameran Alutsista.

Sementara yang melibatkan komunitas antara lain pameran motor, kontes, stalom test, drag race-bike, pameran, bazaar, kontes burung, lomba mewarnai dan lain sebagainya. Selain itu ada juga aksi panggung dari band lokal. "Kita lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Tujuan acara tersebut supaya masyarakat bisa melihat langsung fasilitas kita," lanjut Danlanud. 

"Kita libatkan pasukan yang profesional. Nanti bakal ada atraksi udara dari pesawat tempur, pembebasan sandera dari helikopter, paramotor, terjun payung (freefall dan banyak lagi," tutupnya Danlanud di Aphrone Baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. ***