PEKANBARU, GORIAU.COM - Bertolak dari pemikiran para nelayan yang merasa kurang mendapat perhatian dari pemerintah, sejumlah tokoh masyarakat maupun pemuda di Kecamatan Rumbai berencana akan membentuk suatu wadah.

Wadah tersebut berupa forum yang bernama Forum Pemuda Peduli Lingkungan dan Masyarakat (FPPLM). Mereka ingin menjadikan forum ini sebagai perahu untuk menaungi nasib masyarakat, khususnya para nelayan yang berada di pinggiran sungai siak.

Salah seorang pemuka masyarakat, Jhon Kenedy ST (44) mengatakan forum tersebut digagas lantaran banyak sekali masyarakat yang mengeluh.

"Keluhan masyarakat banyak sekali menghampiri kita. Bertolak dari itu, kami berencana akan membentuk sebuah forum. Nantinya forum ini akan memperjuangkan nasib masyarakat nelayan khususnya," ujarnya, Rabu (10/12) usai menggelar rapat dengan sejumlah tokoh masyarakat rumbai kepada GoRiau.com.

Saat ini, lanjutnya, Forum Pemuda Peduli Lingkungan dan Masyarakat baru tahap pendaftaran akta notaris hingga ke kementrian hukum dan ham. "Legalitas yang harus kita utamakan," katanya.

Untuk visi dan misi, selain memperjuangkan nasib para nelayan. Forum ini akan memperjuang nasib lingkungan dan masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru.

"Sesuai dengan nama wadah kita, tentunya kita mempunyai impian. Jika legalitas forum ini sah, saya rasa ruang gerak kita tidak terbatas. Namun untuk pergerakan pertama, kita memfokuskan di Kota Pekanbaru," paparnya.

Pembentukan forum FPPLM ini, digagas di pinggir Sungai Siak Pekanbaru, tepatnya di jalan Nelayan, Kelurahan Srimeranti, Rumbai. Dalam rapat yang sudah digelar untuk kesekian kalinya ini, dihadiri beberapa pemuka dan nelayan. (app)