PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Kondisi jembatan gantung yang sudah tidak layak di Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu, Riau, membuat warga resah. Mereka meminta perhatian pemerintah agar segera memperbaiki jembatan gantung karena nilainya tak sebesar jembatan fly over.

''Kami minta pemerintah segera memperbaiki jembatan gantung di daerah kami, kami tidak minta dibangunkan fly over, yang ada ini saja diperbaiki,'' ujar Kepala Desa (Kades) Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Asmi Jumairi, Senin (20/10/2014).

Ia mengatakan, jembatan gantung itu menghubungkan Lubuk Bandung menuju Kelurahan Pasir Pangaraian, dan saat ini kondisinya rusak, papan sudah patah. ''Padahal sebulan lalu kita sudah bergotong-royong di sana, tapi cepat rusak karena banyak masyarakat lewat di sana," ucapnya.

Masyarakat meminta supaya jembatan itu dipermanen, kalau tidak semi permanen saja, sebab itu akses paling ramai dilalui masyarakat. ''Kita sudah berkali meminta dan berkordinasi dengan pihak Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rokan Hulu supaya kedua obyek dibangun, namun hingga kini belum ada realisasinya,'' terangnya.

Selain itu, masyarakat membutuhkan infrastruktur pembangunan jembatan gantung dan jalan usaha perkebunan, karena infrastruktur itu termasuk obyek vital bagi masyarakat.

Dijelaskan, untuk jalan usaha perkebunan jalur Jalan Lingkar menuju Desa Pasir Baru, sangat diharapkan masyarakat pembangunannya, panjangnya sekitar 2 KM, karena masyarakat Dusun Kampung Baru memiliki mata pencaharian masyarakat di daerah itu.

''Jalan masih tanah, kita minta jalanya dibase saja, sebab dana hanya sekitar Rp 500 juta, karena ada beberapa gorong-gorong juga akan dibangun,'' sebutnya. (ram)