PEKANBARU, GORIAU.COM - Untuk meningkatkan, mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan keterampilan mengajar dosen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bangkinang menggelar pelatihan Applied Approach (AA).Pelatihan AA dibuka secara resmi dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Damsar, Jumat (5/12) di ruang Gurindam Swiss Bellin Hotel Pekanbaru.

Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Kampar (YLPK) Drs H Zulher MS, Ketua STIE Bangkinang Ir H Zamhir Basem MM, Ketua Panitia Pelaksana Yandri SH MH serta para dosen peserta pelatihan.

Prof Damsar ketika membuka pelatihan mengatakan, dengan adanya pelatihan AA berarti STIE menyadari bahwa para dosen merupakan bagian dari aset. "Aset itu penting. Ada juga yayasan yang tidak peduli, tapi YLPK peduli, ini sebuah kesempatan untuk menjadikan STIE lebih besar lagi," ujarnya.

Menurut Prof Damsar, Sumber Daya Manusia (SDM) mencerminkan kualitas institusi. Kalau ada komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas akreditasi dari C ke B, itu sudah menjadi gambaran bahwa para pengambil kebijakan di STIE memiliki tekat untuk menjadikan STIE lebih maju lagi.

Dikatakannya, salah satu syarat dari majunya sebuah perguruan tinggi adalah hubungan yang harmonis, yakni hubungan di internal yayasan, hubungan di internal perguruan tinggi, hubungan antara perguruan tinggi dengan yayasan. "Kalau semua itu harmonis, maka ini sudah menjadi modal. Patut disyukur bahwa STIE dalam kondisi harmonis. Dengan demikian kita yakin bahwa STIE bisa mewujudkan cita-cita membuka program S2, bahkan menjadikan STIE menjadi Universitas,'' ucapnya.

Sebelumnya, Ketua YLPK Drs H Zulher MS mengungkapkan bahwa sekarang para dosen sudah harus terus meng-update ilmu. ''Kalau mahasiswa tidak pandai, maka yang bodohnya bukan mahasiswa tapi dosen. Oleh karena itulah, pelatihan ini kami setujui untuk digelar agar STIE tidak dipandang sebelah mata,'' tegasnya.

Zulher menyebutkan bahwa hebat atau tidaknya STIE tergantung pada bagaimana SDM di STIE itu sendiri. ''Saya sangat berharap agar STIE menjadi perguruan tinggi yang maju di Riau bahkan di tingkat Nasional,'' harap Zulher.

Sehubungan dengan teknis pelatihan AA, Ketua STIE Bangkinang Ir H Zamhir Basem MM melaporkan bahwa STIE berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dosen. ''Kalau di banyak perguruan tinggi lain, pelatihan ini dibiayai oleh pribadi para dosen. Namun, di STIE Bangkinang atas persetujuan yayasan, pelatihan AA dibiayai oleh STIE,'' ucapnya.

Pelatihan digelar selama tiga hari, mulai Jumat (5/12) sampai Ahad (7/12), dengan jumlah peserta sebanyak 29 orang. Narasumber berasal dari Kopertis Wilayah X yaitu Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Damsar MA, Dr Indrayani SE MM, Prof Dr Ir Syahro Ali Akbar MP, Dr Syafrani MSi, Dr Elfis dan Drs Hanafi MSi. (rls)