PEKANBARU, GORIAU.COM - Kisah SE, pria dewasa berusia 35 tahun yang tak bernah bartaubat. Setelah lebih empat kali dihukum karena berbagai kejahatan, residivis ini pun kembali berurusan dengan aparat.

Kali ini SE, terlibat kasus pencurian fasilitas di arena olahraga menembak milik pemerintah. "Pelaku SE ini kami tangkap pada awal pekan ini. Dia diamankan saat berada di sekitar lingkungan dekat rumahnya yang berada di Jalan Lembah Damai, Rumbai Pesisir," kata Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim), Inspektur Satu (Iptu), Ary Prasetyo kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu siang (18/12/2013).

Informasi kepolisian menyebutkan, SE telah lebih empat kali keluar dan masuk penjara setelah terlibat sejumlah tindak kejahatan.

Kal ini, kata Ary, pelaku kembali terlibat kasus pencurian pipa tembaga dan sejumlah peralatan yang merupakan fasilitas di arena olahraga menembak di Rumbai Pesisir. "Pada kasus-kasus sebelumnya, SE sempat terlibat pencurian sepeda motor, peredaran narkotika dan lainnya. Untuk kasus pencurian, ini yang kedua kalinya dilakukan pelaku. Menurut pengakuannya, itu semua dilakukan 'demi' narkoba," kata Ary.

Penangkapan SE menurut dia adalah hasil dari pengembangan atas tersangka sebelumnya berinisial A.

Menurut dia, SE dan A bekerjasama untuk melakukan pencurian sejumlah fasilitas di arena menembak yang sebelumnya sempat difungsikan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau. "Kedua tersangka saat ini telah berhasil diamankan dan dikurung dalam satu sel Polsek Rumbai Pesisir," katanya.

Untuk perkaranya, demikian Ary, masih akan terus dikembangkan karena diduga mereka bekerja secara berkomplot. "Menurut pengakuan kedua tersangka ini, masih ada beberapa pelaku lainnya dan masih kami kejar," kata dia.

Kasus pencurian di berbagai kawasan di Kota Pekanbaru dikabarkan marak terjadi dan meningkat setiap tahunnya.

Untuk mengantisipasinya, Kepala Bidang Humas Polda Riau, Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo mengimbau masyarakat untuk mewaspadainya dengan membuka kembali pos ronda di lingkungan masing-masing.(fzr/ant)