SELATPANJANG, GORIAU.COM - Usai meninjau langsung lokasi Karhutla di Desa Kepau Baru, Selasa (18/11/2014) pagi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya melakukan perjalanan ke Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Menhut ingin menemui langsung tokoh masyarakat 3T yang beberapa waktu lalu mengirim petisi ke Jokowi.


Beberapa waktu lalu, Abdul Manan (41) yang merupakan warga Desa Sungai Tohor mengirim petisi ke Presiden Jokowi yang mengabarkan tentang asap dan meminta Jokowi untuk mendatangi lokasi kebakaran hutan dan lahan gambut di Riau. Petisi ini didukung oleh organisasi lingkungan seperti Walhi, Greenpeace dan Yayasan Prespetif baru yang di dirikan Wimar Witoelar.
Petisi yang diunggah sudah mencapai 3.500 lebih tanda tangan. Ajakannya sederhana, agar Jokowi melakukan Blusukan asap langsung ke Riau, untuk melihat bagaimana dampak langsung dari kebakaran lahan gambut dan kabut asap, terhadap masyarakat dan lingkungan hidup.
Dalam kesempatan itu Abdul Manan menjelaskan bahwa Kerusakan hutan gambut yang melanda Meranti disebabkan banyak perusahaan yang tidak mematuhi aturan dan dengan sengaja merusak ekosistem,yang bisa mengancam lahan gambut  Lebih lanjut Manan menjelaskan tujuan lain selain dari blusukan asap jokowi tersebut adalah agar presiden bisa melihat langsung kondisi sarana dan prasarana yang ada di Riau khusus nya di Meranti
"Kalau jadwal nya tidak berubah, Presiden Jokowi akan mengunjungi Meranti pada 21 November Mendatang untuk menjawab petisi dari saya terkait blusukan asap di Riau khusus nya di Meranti," ungkap Manan ketika dihubungi wartawan, Selasa siang.(zal)