SELATPANJANG, GORIAU.COM - Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Kepulauan Meranti, Ishak Izrai, menghimbau kepada seluruh warga Nahdiyin untuk melakukan salat Istisqa atau salat minta hujan kepada Allah. Ini sebagai upaya, menghadapi musim kemarau panjang yang kini sedang dihadapi warga Kepulauan Meranti.

"Saya menghimbau seluruh warga Nahdiyin yang ada di Kepulauan Meranti untuk bisa melakukan shalat istisqa dan berdoa kepada Allah agar menurunkan hujan. Secara luas tentunya kepada seluruh umat islam yang ada di Meranti," kata Ishak, Rabu, (5/3/2014).

Kurang lebih sudah 4 bulan hujan tidak turun di Kepulauan Meranti, sehingga menyebabkan kekeringan sumber air dan semakin memperburuk kebakaran hutan dan lahan yang kini sedang meluas.

"Tidak ada cara lain, kita harus berdoa dan memohon kepada Allah untuk diturunkan hujan segera. Karena musim kemarau sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan," ucapnya.

Terkait memobilisasi umat muslim lebih ramai untuk melakukan shalat istisqa secara berjamaah di Selatpanjang, Ishak mengatakan itu menjadi gawenya Pemda.

"Itu sudah pernah dibahas, namun saya tidak tahu keputusannya. Yang jelas kita coba menghimbau warga dulu, dan kalau memang Pemda melaksanakannya kita siap mendukung," Kata Ishak, yang juga Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti itu.

Berdasarkan pantauan, Kepulauan Meranti saat ini sedang dilanda musim kemarau. Warga tanpak harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu kekeringan, juga memperparah kebakaran hutan dan lahan perkebunan. Kebakaran tidak bisa dipadamkan karena minimnya sumber air yang tersedia.***