SELATPANJANG – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau cukup mengkhawatirkan. Akibat cuaca panas ektrim belakangan ini kebakaran lahan mulai menghampiri pemukiman warga di Kecamatan Tebingtinggi.

Seperti kebakaran lahan yang terjadi pada Selasa (26/3/2024) dini hari di Jalan Tanjung Harapan Ujung, Selatpanjang membuat tim gabungan dari BPBD dan Polri berjibaku memadamkan api.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti, Muhlisin, S.Kom kepada GoRiau.com, menyebutkan api berhasil dipadamkan berkat kerjasama tim di lapangan.

"Kejadian tadi malam sekitar jam 00.00 WIB, di Jalan Tanjung Harapan Ujung. Api berhasil dipadamkan sekitar jam 02.30 WIB dini hari oleh Tim BPBD dan Polri," tutur Muhlisin yang ikut melakukan pemadaman.

Dijelaskan Muhlisin, adapun lahan yang terbakar tersebut merupakan kebun sagu milik warga, sehingga api merambat dengan cepat membakar lahan tersebut.

"Lahan yang terbakar itu merupakan kebun sagu, makanya api cepat membesar. Alhamdulillah berkat kerja keras tim api bisa dipadamkan," pungkasnya. ***