DUMAI, GORIAU.COM - Kebakaran kapal pengangkut sembako kembali terjadi di Dumai. Kali ini peristiwa kebakaran terjadi Senin (22/10/2012) di pelabuhan Nazir Jl Teduh Kelurahan Pangkalan Pesai, Kecamatan Dumai Barat, pukul 07:30 WIB.

Dua unit kapal besar yang diduga memuat barang illegal dan 1 unit kapal kecil terbakar di Pelabuhan Nasir Dumai.

Pantauan dan informasi yang diperoleh di lapangan, kebakaran tersebut membuat 1 orang terluka dan dibawa ke rumah sakit setempat.

Kejadian sementara diduga berasal dari kapal kecil yang parkir mengisi minyak dengan muatan gas elpigi 3 kg meledak. Supaya tidak menyebar luas upaya yang dilakukan warga setempat tidak berbuahkan hasil karena keadaan air sedang pasang.

Tiga kapal yang terbakar ini saling berderkatan. Awalnya yang terbakar hanya satu kapal, namun akhrinya menjalar ke dua kapal yang saling berdekatan.

''Kami sempat mendengar suara ledakan beberapa kali,'' kata Anton seorang saksi mata.

Kapal yang terbakar tersebut adalah KM Hoki Jaya GT 118 pembawa kapal sembako dan Kapal KM Bunga Setia GT 228 pengangkut BBM dan 1 kapal kecil (pompong.red) yang belum diketahui namanya. Diduga pemilik kapal Ahmadi, untuk sementara pemilik barang diduga milik Acai.

'''Ledakan bermula dari kapal kecil yang sedang parkir mengisi bahan bakar, tidak tahu kenapa kapal tiba-tiba meledak hingga 4 radius KM terdengar,'' jelas Sutrimo saksi mata.

Bulan September lalu kejadian serupa juga dialami kapal KM Sibayak yang menelan 12 orang korban. (nti/dsc/rkc)