PEKANBARU, GORIAU.COM - Usai sidang sengketa Pemilihan Gubernur Riau putaran kedua di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimenangkan oleh pasangan Annas Maamun - Arsyadjuliandi Rachman, Senin (20/1:2014), Pemprov Riau langsung mempersiapkan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur Riau 2013 - 2018. Kapan dilantik, akan ditetapkan Kamis (23/1/2014) lewat rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau.

Sekretarsis DPRD Riau, Zulkarnain Kadir saat dikonfirmasi GoRiau.com, Senin (20/1/2014) malam ini mengatakan, penetapan hari pelantikan akan dilakukan oleh DPRD Riau karena pelantikan akan dilaksanakan lewat sidang paripurna istimewa DPRD Riau.

'*Rencananya Kamis besok kita akan mengadakan rapat Banmus. Waktu pelantikannya belum pasti, bisa tanggal 20 Februari bisa juga dipercepat, bahkan bisa tanggal 7 atau 10 Februari. Jadi tergantung Banmus,'' ujarnya.

Dikatakan, panitia besar yang terdiri dari Pemprov Riau serta panitia kecil di DPRD Riau sudah melakukan rapat persiapan. Dan pada prinsipnya, panitia siap kapan saja dilakukan pelantilkan, namun semua tergantung pada SK Gubernur Riau dari Presiden RI, kesediaan Mendagri serta hasil koordinasi dengan Gubernur baru.

''Yang jelas, kita masih menunggu amar putusan MK yang dikirim ke KPU Riau. Jika putusan MK bisa cepat ke KPU dan KPU langsung mengirimkannya ke DPRD Riau, kita bisa cepat mengirimkan surat ke Presiden melalui Pemprov Riau untuk pembuatan SK Gubernur terpilih,'' jelasnya. ***