KAMPAR, GORIAU.COM - Para peserta ujian nasional diminta untuk memaksimalkan waktu pelaksanaan ujian nasional (UN), jangan terburu-buru, dan raihlah hasil maksimal.

Demikian salah satu poin yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Drs Muhammad Yamin saat memonitoring pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Himmatul Ummah Tapung Kec. Tapung. Hadir dalam acara tersebut Kepala MAS Himmatul Ummah Tapung Sajimin SE, Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI, dan para rombongan lainnya.

Fairus mengatakan, pergunakanlah waktu Ujian Nasional ini dengan sebaik-baiknya. Jika waktu masih ada, dan lembar jawaban telah diisi semua, pergunakan waktu yang tersisa dengan melihat kembali jawaban-jawaban yang telah diisi dan pastikan jawaban itu telah benar. Hal ini harus dilakukan agar jawaban-jawaban yang telah di isi bisa dijawab dngan sempurna.

Untuk diketahui, pada tahun 2014 ini, Siswa Madrasah yang mengikuti UN berjumlah 1607 orang Siswa. Dari 1607 orang Siswa ini tersebar kedalam 44 Madrasah. Dari 44 Madarsah ini, 21 Madrasah merupakan Madrasah penyelenggara ujian, Sementara 23 Madrasah lainya Merupakan Madrasah gabungan (bergabung), yang mana Sub Rayon Madrasah ini terdiri dari empat Sub Rayon yaitu, Sub Rayon Man Kuok, Sub Rayon MAN Kampar, Sub Rayon MAN Lipat Kain dan Sub Rayon MA Himmatul Ummah Tapung, jelas Fairus.

Lebih lanjut Fairus mengatakan, pelaksanaan Ujian hari kedua ini untuk Madrasah Aliyah Jurusan IPA Matematika dan Kimia, Untuk Jurusan IPS Matematika dan Sosiologi, Untuk Jurusan Bahasa Matematika dan antropologi, dan untuk jurusan Keagamaan Matematika dan Fiqih.

Sedangkan untuk hari ketiga UN nanti yakni pada hari rabu, Jurusan IPA Bahasa Inggris dan Fisika, Jurusan IPS Bahasa Inggris dan Ekonomi, Jurusan Bahasa Bahasa Inggris dan Bahasa Asing, sedangkan untuk jurusan Keagamaan Bahasa Inggris dan Tafsir, terang Fairus.

Dari monitoring yang dilaksanakan pada hari ini di dua MA (MAS TApung dan MAS Himmatul Ummah), Alhamdulillah, berjalan dengan lancar, aman dan kondusif sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Mudah-mudahan hal ini bisa berlangsung pada hari-hari berikutnya, serta diharapkan kepada seluruh siswa untuk bisa mengikuti ujian ini dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan penuh perhatian dan kehati-hatian seraya meningkatkan konsentrasi dalam menjawab soal ujian. Sehingga soal-soal ujian kali ini, bisa dijawab dengan mudah, tutup Fairus. (rls)