PEKANBARU - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menilai wajar dana Rp3 miliar yang dikucurkan DPRD Provinsi Riau untuk Kongres XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Alasannya, HMI merupakan organisasi tertua di Indonesia yang diisi oleh generasi muda dari seluruh pelosok nusantara.

"Saya rasa tidak apa-apa. Lagi pula bukan untuk pribadi, ini kan acara untuk generasi muda dari seluruh pelosok Indonesia," ungkap orang penting nomor dua di Indonesia tersebut, Minggu (22/11/2015).

Saat disinggung mengenai lebih besarnya dana Kongres HMI daripada dana penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dikucurkan oleh DPRD Riau, JK menyebutkan bahwa pemerintah pusat turut menyokong dana penanganan karhutla di Riau. Sehingga tidak murni hanya Rp1,4 miliar dari Pemerintah Provinsi Riau saja.

"Jangan lupa, pemerintah pusat tentunya ikut membantu untuk penanganan karhutla. Tidak hanya dari Pemprov Riau, kalau Pemprov Riau mengeluarkan puluhan miliar pasti kualahan," imbuh JK ketika ditemui di Hotel Labersa Pekanbaru.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kongres XXIX HMI mendapat suntikan dana sebesar Rp3 miliar dari dana hibah bantuan sosial. Dana untuk HMI tersebut terbilang luar biasa, mengingat besarnya dana untuk penanganan karhutla di Riau hanya sebesar Rp1,4 miliar. ***