PEKANBARU, GORIAU.COM - Bakal Calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA, mengumpulkan 561 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Amanat Nasional (PAN) se Provinsi Riau di Hotel Grand Central, Pekanbaru, Minggu (19/5/2013) dalam acara Temu Bacaleg dan Konsolidasi PAN Riau. Mereka dimotivasi dan diminta untuk siap menyukseskan Tri Sukses PAN yakni Sukses Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013, Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 dan Pemilihan Presiden 2014.

Yang menarik, dari 561 orang bacaleg PAN tersebut, terdapat Wan Syamsir Yus, mantan Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Wan memakai pakaian jas PAN warna biru lengkap dengan logo matahari bersinar. Inilah kali pertama mantan Walikota Dumai itu tampil di tengah-tengah kader PAN. Wan Syamsir Yus merupakan bacaleg DPR RI dari Dapil 1 (Pekanbaru, Siak, Meranti, Bengkalis, Dumai, Rohil dan Rohul) dengan nomor Urut 2.

Selain Wan Syamsir Yus, masih ada tokoh-tokoh lain yang bergabung dengan PAN. Mereka antara lain Syamsurizal, mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Riau; Subroto, mantan Asisten Setda Rokan Hilir; keduanya untuk DPRD Riau, Jhoni Setiawan Mundung dan Aiden Yusti, dua aktifis LSM yang mencalonkan untuk DPRD Riau, serta Ribut Susanto, aktifis LSM yang mencalonkan diri untuk DPR RI. Nama lain Djuharman Arifin, mantan Ketua DPW PAN Riau dan Rusli Halim Fadli, Ketua PARRA Indonesia.

Jon Erizal menyampaikan permohonan maaf Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa yang berhalangan hadir karena kondisi kesehatan yang tak memungkinkan. Lalu, Jon Erizal mengajak peserta untuk membaca Alfatihah dan berdoa semoga Hatta Rajasa diberikan kekuatan untuk terus mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia. Menko Perekonomian Indonesia ini memang dicalonkan PAN untuk Presiden 2014-2019.

Mengenai Bakal Cagubri, Jon Erizal sempat memaparkan hasil survey yang dilakukan lembaga Charta Politica, konsultan PAN. Survei itu menunjukkan hasil yang menggembirakan karena posisi Jon Erizal cukup bersaing dengan bakal Cagubri lainnya. ‘’Saya berterima kasih kepada Saudaraku sekalian yang telah bekerja keras termasuk dengan kader-kader PKS dan PBR. Namun kerja keras ini akan terus kita lakukan. Insya Allah kemenangan dapat kita capai,’’ ujarnya yang disambut tepuk riuh kader PAN.

Ditanya wartawan seusai pembukaan, Jon Erizal menyatakan belum menentukan calon Wagubri yanag akan mendampinginya. Pihaknya bersama tim dan partai pendukung masih mengkaji kemungkinan-kemungkinan yang akan memenangkan Pilgubri nanti. ‘’Hasil survey ini juga menjadikan dasarkan kita untuk menentukan calon wakil,’’ ujarnya. (rls)