PEKANBARU – Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun meminta lampu colok dari Pekanbaru harus lebih bagus dari lampu colok di Bengkalis. Hal ini ia sampaikan saat memberi kata sambutan pada acara Festival Lampu Colok Kota Pekanbaru 2024, Sabtu (6/4/2024) malam.

"Saya lihat Bengkalis lampu coloknya bagus-bagus. Makanya kita minta kepada Dinas Pariwisata untuk membuat lampu colok sebagus mungkin biar kita tidak kalah dari Bengkalis," katanya.

Ia menjelaskan, lampu colok merupakan salah satu tradisi dari tanah Melayu yang dulunya berfungsi untuk menerangi jalan umat muslim beribadah ke masjid.

"Lampu colok ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak dulu setiap bulan ramadhan. Dimana lampu colok ini dihidupkan di sepanjang jalan untuk menerangi jalan umat muslim untuk beribadah shalat tarawih ke masjid, terutama di 10 malam terakhir bulan ramadhan," jelasnya.

Muflihun berharap, festival lampu colok diadakan setiap tahun dan dapat diperlombakan se-Provinsi Riau.

"Agar warisan budaya ini tidak hilang, kita berharap acara ini kita adakan setiap tahun. Kalau bisa diperlombakan di tingkat provinsi agar budaya ini tidak hilang di tanah melayu," pungkasnya. ***