SELATPANJANG, GORIAU.COM - Perkembangan Kota Selatpanjang sebagai Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti, pasca pemekaran terasa begitu pesat. Setelah berdiri Grand Meranti Hotel, kini dua investor lagi sedang melaksanakan proses pembangunan hotel di Selatpanjang.



Dua Hotel tersebut yang akan dan sedang dibangun adalah, Hotel Diva yang kini sedang dilaksanakan pembangunannya di Jalan Diponegoro, (disamping Eka Prima) Selatpanjang. Kemudian satu hotel lagi, Indobaru, yang dibangun di Jalan Diponegoro simpang Jalan Merbau, Selatpanjang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perizinan Jasa Usaha, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT), Kepulauan Meranti, Sutardi, ketika ditemui di kantornya, Jalan Dorak Selatpanjang, Selasa (8/4/2014).

"Saat ini dua hotel dalam proses pembangunan. Yang satu kita lihat sedang pembangunan, dan satu lagi sedang mengurus izin prinsip kepada kepala daerah," katanya

Lebih lanjut Sutardi menjelaskan, sesuai prosedur setiap investor yang ingin membangun hotel harus mengajukan izin prinsip terlebih dahulu kepada kepala daerah. Kemudian dilanjutkan dengan izin Analisis Masalah Dampak Lingkungan (Amdal), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Setelah IMB diurus, baru pondasi bisa dibangun. Sembari berjalan mengurus perizinan usaha lainnya," ujarnya lagi.

Berdasarkan pantauan di lokasi pembangunan Hotel Diva, terlihat bangunan hotel sudah 80 persen selesai, bahkan puluhan AC (air conditioner) sudah terlihat dipasang. Sementara pantauan di lokasi pembangunan Hotel Indobaru, pihak investor telah memulai pembangunan.***