PEKANBARU, GORIAU.COM - Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dipastikan sangat transparan. Pasalnya, sistem yang dipakai kali ini sangat berbeda dari seleksi-seleksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Rencanannya persyaratan akan diumumkan 16 September mendatang.

''Kita tidak ragu dengan transparansi seleksi CPNS kali ini. Karena sistem yang dipakai sudah sangat baik,'' ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Hermanius kepada Tribun, Senin (9/9/2013).

Menurutnya, seleksi CPNS kali ini akan menggunakan sistem bernama Computer Assisting Test (CAT) yang transparansinya tak diragukan lagi.Sistem CAT ini mewajibkan peserta menjalani tes secara komputerisasi. Setelah menjawab semua pertanyaan yang diajukan dalam komputer yang terkoneksi ke internet, peserta bisa langsung mengetahui berapa poin yang ia raih. Termasuk mengetahui apakah ia lulus atau tidak. "Karena itu tidak mungkin ada permainan," ungkap dia.

Tidak hanya itu, Pemko juga tak merasa ragu karena nantinya soal tes terdiri atas beberapa paket.  Masing-masing paket soalnya berbeda-beda. Dengan cara ini, antara peserta satu dengan lainnya dalam satu ruangan tidak akan menerima soal yang sama. Artinya tidak ada ruang untuk bekerjasama.

Ditambahkan Hermanius, saat ini pihaknya tinggal menunggu kejelasan kualifikasi dan formasi CPNS yang akan diterima. Namun, dari informasi awal yang diterima, seleksi CPNS akan terbuka bagi formasi guru dengan jumlah 30 orang.

Direncanakan, tanggal 16 September mendatang penerimaan CPNS ini sudah diumumkan. ''Biasanya sampai 14 hari kerja,'' ujar dia.

Kemungkinan, minggu keempat bulan September akan dilakukan seleksi yang dipusatkan di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN).Terkait jumlah hari pelaksanaan tes, Hermanius menekankan akan disesuaikan dengan banyaknya pelamar. Jika jumlah pelamar banyak, jumlah hari pelaksanaan seleksi bisa lebih dari satu hari.  "Kita lihat saja nanti berapa banyak yang melamar," katanya. ***