SELATPANJANG - Tahun ini, Kabupaten Kepulauan Meranti berkesempatan mendapatkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk Guru Garis Depan (GGD). Atas peluang ini, Kepulauan Meranti mengajukan 27 formasi CPNS khusus GGD untuk mengajar di sekolah dasar dan SMP satu atap Pulau Terluar di Kota Sagu.

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kepulauan Meranti Drs Revirianto melalui Kabid Mutasi Agustia Widodo ketika dikonfirmasi GoRiau, Selasa (14/6/2016). Kata Agustia Widodo, penerimaan CPNS khusus GGD ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor: 2066/A.A3/KP/2016, tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Guru Garis Depan Tahun 2016.

Kata Widodo lagi, program CPNS khusus GGD ini diperuntukkan bagi kabupaten yang memiliki pulau terluar. Sementara di Kepulauan Meranti ada tiga pulau yang masuk kategori pulau terluar yaitu Rangsang, Pulau Merbau, dan Pulau Padang. Sehingga, Kabupaten Kepulauan Meranti layak mendapatkan perhatian menyangkut penerimaan CPNS GGD ini.

Agar mendapat GGD ini, Pemkab Meranti sudah menandatangani MoU dengan Kemendikbud. Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Bupati H Irwan MSi di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta Pusat pada Sabtu (14/5/2016) lalu.

"Sesuai anjab, maka kita mengajukan 27 formasi CPNS khusus GGD ini," kata Dodo kepada GoRiau.

Sesuai surat edaran tersebut, untuk mengikuti Program GGD ini, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya, peserta harus telah lulus dari LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) mengikuti seleksi Program SM-3T (Sarjana Mengajar di daerah 3T - Terdepan, Terluar, dan Tertinggal),memberikan pengabdian selama 1 tahun di daerah terdepan, terluar, tertinggal atau terpencil,mengikuti UTL dan UTN (Ujian Tulis LPTK dan Ujian Tulis Nasional) sehingga mendapatkan Sertifikat Pendidik,dan ikut seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) formasi khusus untuk SM-3T (Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dari Kemendikbud. ***