DURI, GORIAU.COM - Untuk menjaga kesehatan masyarakat di Kecamatan Mandau dan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, yang saat ini sedang diselimuti kabut asap tebal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) memberikan bantuan masker untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

"Untuk Kecamatan Mandau telah kita (BLH Bengkalis, red) bagikan 7.500 masker di 4 titik, untuk Pinggir kita bagikan 5.000 masker di 3 titik, hari ini," kata Kepala BLH Kabupaten Bengkalis, Arman AA saat dikonfirmasi GoRiau.com, Rabu (2/9/2015) siang.

Kondisi pencemaran udara berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di level 447 Psi (warna merah, red), lanjut Arman menjelaskan. Di level itu, kualitas udara sangat tidak sehat dan bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

"Ini sudah instruksi langsung Pj Bupati Bengkalis, agar pembagian masker bisa dilaksanakan untuk membantu masyarakat. Kita juga bersama Plt Kepala Disdik, melakukan koordinasi terkait sekolah yang libur di Mandau dan Pinggir. Saat ini sifatnya situasional liburnya sekolah," ujarnya.

Arman juga mengatakan, kabut asap yang saat ini membuat kualitas udara di Mandau dan Pinggir tidak sehat, merupakan asap kiriman. Untuk itu, ia berpesan kepada masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan manula, untuk menahan diri keluar dari rumah.

"Ya kalau harus keluar rumah gunakan masker. Kita juga ingatkan kepada perusahaan yang beroperasi di Mandau dan Pinggir untuk peduli terhadap kondisi kabut asap yang terjadi saat ini," tegasnya.(ric)