SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dua pelajar SMAN 3 Sei Apit Kabupaten Siak, Sarwanto dan Indah Permata Lestari terpilih mewakili Kwarda Pramuka Riau guna mengikuti kegiatan kemah Saka Bahari Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) IV yang diselenggarakan di Raja Ampat, Papua, 6 Agustus hingga 2 September 2014.

Kedua pelajar ini akan bergabung bersama 10 orang wakil Pramuka Riau lainnya yang berasal dari Kota Dumai.

Sebelum berangkat ke Jakarta, didampingi Ka Kwarcab Pramuka Siak Drs H Alfedri MSi keduanya bertemu Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi di ruang kerjanya, Selasa (5/8/2014).

Pada pertemuan itu, bupati mengaku terharu dan mengapresiasi kedua pelajar untuk melepas keberangkatannya dengan iringan do'a agar dapat mengharumkan nama Kabupaten Siak.

"Adik-adik harus berani menampilkan potensi yang dimiliki, karena dengan demikian kalian bisa dikenal. Sehingga dapat juga mempromosikan Siak selama kegiatan berlangsung," jelas Syamsuar.

Salah seorang Pamong Saka, Edi Parmanto menjelaskan, kedua pelajar ini telah dipilih berdasarkan kemampuan dan kecakapan, baik kemampuan berkreasi maupun kecakapan dan talenta yang dimilikinya.

"Semua peserta nantinya akan memulai kegiatannya di Jakarta dan akan diberangkatkan dengan menggunakan Kapal Perang KRI Surabaya 951. Perjalan ini juga bagian dari kegiatan kepramukaan karena selama perjalanan di kapal, para peserta akan menghabiskan waktunya dengan berbagai macam kegiatan," ujarnya.

Sarwanto dan Indah tampak begitu antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan perkemahan. Mereka tidak menyangka, meski berasal dari Desa Sungai Rawa, salah satu desa terpencil di Siak, namun tidak menghalangi dirinya meraih kesempatan langka ini. "Saya sangat bahagia," kata Sarmanto singkat.(nal)