SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyebutkan bahwa festival sagu nusantara yang akan dilaksanakan di parkir timur Senayan Jakarta Mei mendatang direncanakan akan dihadiri Mentri Koordinator bidang perekonomian, Ir M Hatta Radjasa. Melalui festival sagu Nusantara ini pula, Meranti bisa ditetapkan sebagai cluster sagu nasional nantinya.

Demikian disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi. Orang nomor 1 di Kepulauan Meranti itu juga mengatakan melalui festival sagu Nusantara ini juga Meranti bisa ditetapkan sebagai cluster sagu nasional nantinya.

"Mudah-mudahan Bukan hanya satu mentri hatta radjasa saja yang dapat hadir, tapi banyak menteri. Sehingga nantinya perkebunan dan hasil pangan dari sagu asal Meranti terus terdorong dan berkembang," ujarnya kepada wartawan.

Lanjut Irwan, walaupun luasan tanaman sagu bukan yang terbesar, namun seluruh sagu Meranti adalah sagu produktif, artinya secara produktif, sagu Meranti yang terbesar di Indonesia. Maka dari itu juga Pemkab Meranti berani melaksanakan festival sagu nusantara di Ibukota Negara, Jakarta.

"Karena hingga kini sebesar 50 persen sagu nasional adalah sagu yang berasal dari Kepulauan Meranti. Makanya kita manargetkan Meranti bisa menjadi cluster sagu nasional nantinya," kata Irwan.

Untuk jadwal pelaksanaan nantinya akan dilakukan pada tanggal 2 sampai 3 mei 2014.***