SELATPANJANG, GORIAU.COM - Makauhe atau disebut juga rama-rama yang merupakan makanan tradisional di Kepulauan Meranti, Riau, kembali diburu. Meski bentuknya aneh, namun makauhe memiliki cita rasa yang sulit tertandingi.


Makauhe atau rama-rama ini hidup di dalam tanah rawa (pantai, red). Untuk mengambilnya, dibutuhkan kepiawaian (secara tradisional). Namun, bisa juga menggunakan racun tumbuhan.
Pengambilan secara tradisional disebut 'Ngujak'. Ngujak dilakukan dengan memompa sisi tanah yang didimai makauhe, menggunakan kaki. Semaki dipompa, air semakin keluar dari lubang dan pada akhirnya makauhe ikut keluar.
Sedangkan pengambilan makauhe menggunakan racun untuk tumbuh-tumbuhan, terbilang sangat praktis. Racun cukup dicampur air lalu disiramkan ke dalam lubang makauhe, setelah menunggu beberapa menit, makohe akan keluar dengan sendirinya, karena mabuk.
Kebanyakan warga menginginkan makauhe yang diambil secara tradisional. Sebab, rasanya akan semakin enak jika dibandingkan dengan pengambilan menggunakan racun tumbuh-tumbuhan.
Makauhe memiliki dua capit dan beberapa kaki layaknya kepiting. memiliki ekor yang seolah-olah makauhe ini jelmaan dari kalajengking yang sangat besar. Berwarna merah maupun hitam keemasan.
Untuk makauhe jantan, memiliki dua capit yangausangat besar tetapi tidak bertelor. Sedangkan makauhe betina memiliki capit sedang, sementara di dalam perutnya banyak terdapat telor berwarna kuning.
Makauhe ini memiliki kulit yang keras.
Pantauan di Selatpanjang, makauhe ini merupakan salah satu menu seafood yang dihidangkan di beberapa tempat makan. Harga pun akan semakin mahal untuk makohe yang sudah siap saji.
Penyajian makohe tidak pula sulit. Bagi yang ingin ringkas, cukup direbuskan saja dan makauhe siap disantap.
Menurut cerita beberapa orang tua, makauhe dulunya sudah sering disantap. Namun, zaman dahulu warga yang makan makauhe tidak sebebas sekarang. Masyarakat dulu malu ketika ketahuan mengkonsumsi makauhe.
Entah apa alasannya.
Namun, saat ini banyak tempat makan menghidangkan menu makauhe. Makauhe pun semakin banyak diminati karena cita rasa yang enak dan segar.(zal)