TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Ketua TP PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Zulaikhah Wardan mencanangkan program nasional percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia tahun 2015-2019, Selasa (21/4/2015).

Pencanangan yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil ini, dihadiri juga oleh Bupati Inhil, unsur Forkopimda, pejabat eselon, camat serta organisasi perempuan di Inhil.

Dalam kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong itu, Zulaikhah Wardan menyampaikan, bahwa kanker pada perempuan yang sangat berbahaya adalah kanker payudara dan kanker serviks, untuk itu, deteksi sedini mungkin harus dilakukan.

''Untuk itu, kaum perempuan harus menyadari betul hal ini, dan mau melakukan deteksi dini di pusat pelayanan kesehatan terdekat,'' ujar istri Bupati Inhil ini.

Kedepannya, dikatakan Zulaikhah, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk menentukan langkah dalam pelaksanaan program ini di lapangan.

''Yang jelas, kita akan maksimalkan sosialisasi kepada masyarakat dan pendataan yang lebih intensif,'' sebut Zulaikhah.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pemutaran jingle Insfeksi Visual Asam Asetat atau IVA, penyerahan IVA KIT, sosialisasi tentang deteksi dini kanker serviks dari perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Inhil dan peninjauan ke lokasi pelaksanaan langsung deteksi kanker di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan.(ayu)