PEKANBARU - DPRD Riau mendesak pihak DPD Golkar Riau untuk segera memproses penggantian jabatan Ketua DPRD Riau. Pasalnya saat ini kursi ketua DPRD tersebut masih kosong sejak mantan Ketua DPRD Riau, Suparman maju di Pilkada Rokan Hulu.

Pihak DPRD Riau bahkan sudah mengirimkan surat kepada DPD Golkar Riau, agar segera melakukan proses penggantian tersebut, sehingga jabatan Ketua DPRD Riau bisa segera terisi kembali.

“Kami juga sudah membuat surat kepada DPD Golkar Riau, untuk menunjuk siapa pengganti Pak Suparman,” kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo, Senin (4/1/2016).

Menurut Sunaryo, pihak DPRD Riau menyerahkan keputusan tentang siapa yang akan menggantikan jabatan ketua DPRD Riau ke pihak DPD Golkar Riau sepenuhnya, tanpa interpensi.

“Mekanismenya kami serahkan semuanya ke partai, kami tidak bisa ikut campur soal itu,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan segeranya ditunjuk ketua DPRD Riau yang baru, bisa memaksimalkan kembali kinerja di DPRD Riau. “Kami berharap, Partai Golkar bisa secepatnya menunjuk penggantinya, sehingga posisi pimpinan dewan bisa lengkap empat orang, dan kinerja di dewan bisa lebih maksimal,” tuturnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman. “Memang tidak mengganggu pekerjaan, karena masih bisa dikawal tiga orang wakil ketua. Tapi bagaimana pun, tidak ada ketua, tentu masih terasa pincang karena pimpinan tertinggi dewan itu sesuai ketentuan terdiri satu orang ketua dan tiga orang wakil ketua," jelas Noviwaldy.

Diakui juga oleh politisi Demokrat Dapil Kota Pekanbaru ini,untuk mempercepat pengisian jabatan tersebut, pihaknya sudah melayangkan surat ke DPD Partai Golkar.

“Secara kelembagaan kami tidak bisa memaksakan atau intimidasi mengenai siapa yang ditunjuk, karena ini kewenangan Partai Golkar, kita hanya bisa menunggu," jelasnya.***